k.luar negeri-01

KEMENTERIAN LUAR NEGERI

Kementerian ini bertugas menjadi ujung tombak gerakan kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam, terkait isu – isu serta pembangunan strategis pengembangan dan aksi ke pihak-pihak di luar Politeknik Negeri Batam. Dengan menjalin kerjasama, baik secara horizontal sesama kampus dan vertikal dengan pihak instansi terkait juga pemerintah. Secara struktural kementerian ini membawahi dua Departemen, yaitu  Departemen Sosial Masyarakat (SosMas) dan Departemen Hubungan Masyarakat dan Kerjasama (HumaKer).

PROKER KEMENTRIAN LUAR NEGERI

  • BEM Mengajar

BEM BYAGARDANA mengajar merupakan kegiatan rutin yang merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan BEM Politeknik Negeri Batam. Kegitan ini dilaksanakan dengan menggunakan dana implementasi proker yang berlakukan rutin yaitu dua kali dalam sebulan. Target pelaksanaan kegiatan ini untuk anak-anak yayasan atau panti asuhan. Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Departemen Sosial & Masyarakat.

  • BEM Bina Lapas

Merupakan kegiatan yang bersifat rutin dimana dalam kegiatan ini kami berfokus dalam memberikan pembinaan kepada warga lapas. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan dana implementasi proker yang dimana program kerja ini berlangsung dalam kurun waktu satu bulan sekali. Target sasaran program kerja ini ditujukan kepada warga lapas baik dari remaja sampai dengan dewasa, maupun tujuannya adalah memberikan bekal kepada warga lapas dalam hal keterampilan. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan mereka keterampilan pada saat mereka keluar dari lapas. Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Departemen Sosial & Masyarakat serta Departemen Hubungan Masyarakat dan Kerjasama.

  • BEM BYAGARDANA Healthy Life

Merupakan kegiatan yang bersifat rutin dimana dalam kegiatan ini memiliki tujuan utama yaitu mengenalkan BEM BYAGARDANA ataupun Politeknik Negeri Batam ke masyarakat umum dengan cara mengadakan kegiatan seperti donor darah, senam bersama maupun hal yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat. Program kerja ini akan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak pemerintahan seperti PMI (Palang Merah Indonesia), Dinas Kesehatan dan Rumah Zakat. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Departemen sosial& masyarakat serta Departemen Hubungan Masyarakat dan Kerjasama.

  • BYAGARDANA Safari Ramadhan

Merupakan kegiatan yang bersifat kreatifitas dimana dalam kegiatan ini bertujuan menjalin tali silahturahmi antara pihak BEM BYAGARDANA dengan pihak panti asuhan yang nantinya kegiatan ini memiliki unsur religi dan kebersamaan. Kegiatan ini akan dilaksanakan bertepatan pada bulan puasa. Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Departemen social & masyarakat serta Departemen Hubungan Masyarakat dan Kerjasama.

  • Pasar Kreatifitas Nusantara

Merupakan kegiatan yang bersifat kreatifitas dimana dalam kegiatan ini memiliki tujuan utama yaitu mengenalkan BEM BYAGARDANA ke masyarakat umum dengan cara mengadakan lomba serta seminar sehingga dengan kegiatan tersebut kami berharap dapat menjadi wadah bagi kreatifitas anak muda di kota Batam. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat umum yang ingin menunjukkan talenta mereka secara luas. Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Departemen sosial& masyarakat serta Departemen Hubungan Masyarakat dan Kerjasama.

  • Forum Mengkaji Isu

Merupakan kegiatan yang bersifat kreativitas yang dilakukan dimana dalam kegiatan ini mengajak seluruh mahasiswa yang berada di Batam maupun di Kepulauan Riau untuk ikut serta mengkaji isu mengenai isu terkhususnya yang ada di Batam maupun di Indonesia dan nantinya isu ini akan diangkat dan di kaji lebih dalam. Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Departemen Sosial & Masyarakat serta Departemen Hubungan Masyarakat dan Kerjasama.

  • Program Hibah Binaan Desa (PHBD)

Pemberian Hibah Binaan Desa (PHBD) merupakan bentuk kepedulian Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Batam untuk pembangunan suatu desa menjadi sejahtera. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diajukan ke DIKTI dan tidak menggunakan dana implementasi proker. Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Departemen Sosial & Masyarakat.